OT Car Accessories - шаблон joomla Авто

Foto/

MAP/

Pasang Towing Hook Winch

Peranti recovery winch baik itu model eletrik maupun PTO jadi salah satu andalan ketika melakukan off-road. Baik itu ketika mengikuti kompetisi ataupun sekedar jalan-jalan biasa. “Dengan memakai winch jip jadi lebih mudah meloloskan diri saat kepater di trek,” komentar Eko Prasetyo offroader asal kota Wonogiri Jawa Tengah.

Mengingat winch merupakan peranti yang penting maka perlu diperlakukan dengan benar. Mulai dari cara pasangnya hingga ketika mengoperasikannya. Perlu diingat, ketika melakukan recovery beban yang ditarik winch juga pasti bertambah berat jika kondisi treknya lumayan ekstrem. Makanya pemakaian winch damper jadi sangat diperlukan.

Terutama sekali jika sling winch yang dipakai terbuat dari kawat baja. Saat sling winch tension atau tegang dan tiba-tiba kawat sling putus maka tali baja ini bisa bergerak liar jika tak dibebani dengan damper winch. Untuk sling model plasma rope mungkin efeknya tak akan se-”dahsyat” sling baja jika putus.

Tetapi bukan hal itu yang ingin dibahas di sini. Salah satu yang kerap dilupakan dan dianggap remeh adalah pemasangan towing hook pada sling winch. ”Banyak yang asal-asalan. Padahal selain putus, sling winch yang lepas dari towing hook juga berbahaya jika sampai menyabet orang di sekitar kendaraan,” bilang Koh Achun penyuka American Jeep yang juga pemilik bengkel press hidrolik Makmur Jaya Tractor.

Menurut pria ramah ini, tanpa bermaksud promosi ia menyarankan untuk melakukan pemasangan towing hook winch seperti yang dilakukannya. ”Kalau mengikuti cara yang saya lakukan, menurut pengalaman towing hook winch tak akan mudah lepas,” bilang pria asli Palembang Sumatera Selatan yang sudah lama menetap di kota Tasikmalaya.

Seperti apa langkah-langkah yang dikerjakan Koh Achun? Simak saja urutan pengerjaannya di bawah ini:

Teks: R Tunggul Birawa

Fotografi: Bimo S Soerjadi

 

Urutan Pengerjaan

  1. Persiapkan dulu sling kawat yang akan dipasang towing hook winch (Th)
  2. Persiapkan juga towing hook winch, 2 buah pipa dari bahan aluminium tebal yang nantinya akan dipress yang memiliki panjang kurang lebih 15 – 20 Cm dan juga rel dari aluminium mirip huruf U tapi ujungnya rapat untuk menekuk sling winch. Oh ya, sebaiknya pilih towing hook winch yang memiliki pengaman pada ujung kaitannya seperti di foto ini (Th)
  3. Jika ujung kawat sling tidak rapi sebaiknya dipotong dulu dengan menggunakan gerinda agar rapi. Agar kawat sling winch tak terurai sebelum dipotong ikat dulu sling dengan kawat kecil (Th2 +th3)
  4. Masukkan dua buah pipa aluminium ke dalam ujung sling winch yang sudah dipotong (Th4)
  5. Urai anyaman sling winch sebelum diikatkan ke towing hook winch. Kemudian anyaman yang sudah diurai tadi dirapikan dan dianyam ulang. Tujuannya agar nanti ketika dipress kawat baja ini akan menyatu dan saling mengait. Ini trik mengapa towing hook winch tak bakal lepas ikatannya kecuali jika sling putus (th5+th6)
  6. Begini hasil yang semestinya juga semua sudah teranyam kembali. Pada bagian ini perlu kesabaran ekstra agar sling bisa terkait rapi (th7)
  7. Saatnya memasang rel aluminium agar sling  winch tertekuk rapi (th8+th9)
  8. Geser posisi dua pipa aluminium yang akan dipress. Usahakan pipa pertama posisinya sedekat mungkin dengan ujung towing hook winch (th10)
  9. Segera masukkan sling winch yang sudah dipasang pipa aluminium ke mesin press hidrolik untuk dilakukan pengepressan. Lakukan pada pipa aluminium yang posisinya paling dekat dengan towing hook. Semakin dekat semakin bagus karena ikatannya juga pasti lebih kokoh (th11)
  10. Begini hasilnya jika semua pipa besi sudah mengalami pengepressan (th12)
  11. Rapikan bekas pengepressan dengan gerinda agar tak melukai telapak tangan ketika dipegang. Sling winch pun siap digunakan  (th13+th14)

 

Last modified on Wednesday, 26 November 2014 08:40
Bawah Page