OT Car Accessories - шаблон joomla Авто

Foto/

MAP/

Cuci Radiator Plastik

Untuk pendinginan mesin hampir semua kendaraan pasti dilengkapi dengan radiator. Nah, bahan baku radiator ternyata mengalami perkembangan. Jika sebelumnya memakai bahan kuningan (kendaraan keluaran lama) kini ada yang memakai bahan aluminium dengan penutup atas ataupun bawah dari plastik. Walaupun terbuat dari bahan berbeda ternyata permasalahan yang dialami tetap sama.Mampet dan sirkulasi air tidak lancar jadi isu yang jamak ditemui selain tentu saja kebocoran.

Solusi mengganti dengan unit yang baru memang disarankan dan jadi pilihan paling baik. Ya.. iyalah namanya juga ganti dengan barang baru. Namun konsekuensinya uang yang dikeluarkan jelas banyak. Sehingga tak sedikit pemilik kendaraan roda empat mencari penyelesaian alternatif yang lebih bersahabat dengan kantong.

Membersihkan radiator dengan cara dikorok buluh-buluhnya kerap dilakukan. Makanya banyak tukang servis radiator mudah ditemukan hampir di seluruh daerah. Biaya yang dikeluarkan untuk servis radiator paling hanya berkisar 1/10 atau malah 1/15 dari harga sebuah radiator baru.

Kembali ke radiator dengan kepala plastik sebagai penutupnya. Banyak orang yang mengatakan bahwa kepala plastik ini ada umurnya dan tidak bisa diganti. Jawabannya: iya!  Dari segi umur memang ada batasan pemakaiannya. Biasanya kalau mau mengganti tutupnya ya otomatis sekalian dengan unit radiator.

Sebenarnya tutup ini bisa diganti kok. Hanya saja penggantiannya tidak sama dengan cara mengganti tutup radiator berbahan kepala kuningan. “Tidak ada solder dengan timah. Otomatis tidak ada keterlibatan api seperti pada model kepala kuningan,” ujar Ujang dari Gerai 105 di bilangan Pondok Gede Bekasi. “Cukup dengan mengandalkan kekuatan klem dan lem sealer saja,” ujar pria ramah ini.

Namun menurut Ujang, terdapat batasan tertentu dalam melakukan pembersihan ini. “Bila bahan kepala plastiknya sudah rapuh, maka tidak ada cara lain selain menggantinya dengan kepala plastik yang baru. Atau jika tidak tersedia di pasaran bisa dibuatkan dari bahan kuningan,” imbuhnya.

Seperti apakah tips dari Ujang....silahkan simak uraian di bawah ini.

- Setelah radiator dilepas dari tempatnya dan dipastikan dalam kondisi sudah tidak ada air dalamnya, buka klem yang melingkar pada setiap sudut bibir radiator bagian atas. Pada kasus tertentu kepala plastik bagian bawah perlu dibuka, terutama jika kondisi bagian bawah ini sudah jelek atau bahkan rengat plastiknya.

Setelah kepala plastik terbuka, tiap buluh pendingin dibersihkan dengan cara dikorok (dirojok) dengan menggunakan bilah pipih hingga dipastikan benar-benaer bersih.

Bubuhkan sealer di sisi permukaan klem.

Kaitkan klem dan pastikan bahwa kepala plastiknya tertanam dengan baik pada bodi radiator.

Sebelum pemasangan, pastikan bahwa tidak ada kebocoran pada unit radiator. Caranya dengan memompakan udara ke dalam radiator dengan menutup semua lobang radiator (jalur in, out dan filler). Kondisi radiator dinyatakan baik jika tidak ditemui gelembung udara sebagai tanda adanya kebocoran.

Pastikan kepala plastik radiator dalam kondisi baik dan tidak rapuh. Jika ditemui kepala radiator dalam kondisi rengat, mau tidak mau harus diganti dengan yang baru atau harus dibuat ulang dari bahan logam seperti kuningan.

Last modified on Friday, 15 August 2014 00:06
Bawah Page