OT Car Accessories - шаблон joomla Авто

Foto/

MAP/

Serba Serbi Ban Tubeless Lima Hal Ban Lebih Aman

Ban tubeless alias tanpa ban dalam memang membuat karet ban hanya membalut pelek saja. Di antara pelek dan ban hanya ada udara tak lagi menggunakan tube atau ban dalam. Keunggulan dari sistem ini, tentu ada pada sektor keselamatan berkendara. Saat ban tertusuk benda tajam, angin di dalam ban hanya sedikit demi sedikit keluar dari dalam ban. Sementara itu tunggangan masih bisa berjalan, hingga bisa mencari tempat aman untuk mengganti roda.

  Memang banyak keunggulan dari ban tubeless ini dibandingkan dengan ban yang menggunakan tube. Tetapi tak berarti ban ini akan selalu baik tanpa perawatan. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan :

  1. Penambal ban tubeless. Beberapa produk penambal bisa digunakan untuk menutupi lubang pada ban. Ada yang dimasukkan ke dalam lubangnya ada pula yang menggunakan cairan yang dimasukkan ke dalam ban sejak awal ban di pasang melalui lubang pentil. Sebaiknya tidak terlalu sering menggunakan penambal tipe tusuk, karena dikhawatirkan akan memotong baja di ban dan membuat ban menjadi bunting.

 

  1. Pentil pada ban tubeless merupakan pentil tancap yang menempel pada pelek. Perlu diperiksa juga kondisi pentil ini, sebab bukan tak mungkin kebocoran ada pada pentil karena karetnya yang getas, bukan dari bannya.
  2. Angin ban nitrogen, diklaim lebih baik dari angin biasa yang berasal dari kompresor pada umumnya. Namun, tak perlu khawatir, ketika ingin menambah angin dan tak ditemukan pengisi nitrogen, isi saja dengan angin biasa. Karena 75% dari udara yang ada adalah nitrogen.
  3. Rotasikan ban secara berkala, untuk memberikan keausan yang merata. Ketidakseimbangan keausan ban berefek pada daya cengkeram ban pada permukaan jalan berubah. Terutama pada jalan basah dan licin.
  4. Jaga selalu tekanan angin ban sesuai spesifikasi pada kendaraan. Termasuk ban cadangan yang jarang digunakan. Khusus untuk ban cadangan atau ban serep, tekanan anginnya boleh dibuat lebih tinggi 5 psi dibandingkan keempat ban lain yang digunakan.

Sumber (jip.co.id)

Last modified on Thursday, 14 August 2014 23:25
Bawah Page