OT Car Accessories - шаблон joomla Авто

Foto/

MAP/

Manfaat Radio Komunikasi buat Pengemudi di Indonesia

Sebagian dari Anda tentu mengenal radio komunikasi. Perangkat komunikasi yang mengandalkan gelombang radio untuk menyampaikan dan menerima informasi ini merupakan perangkat yang sudah digunakan untuk tujuan serupa sejak akhir abad 18.

Perkembangannya radio komunikasi pun digunakan untuk berkomunikasi antar kapal laut dengan daratan hingga di medan perang.

Bahkan hingga jaringan telepon dan internet sudah ditemukan pun, radio komunikasi tetap menjadi andalan militer untuk melakukan komunikasi hingga detik ini.

Hal ini lantaran hambatan yang bisa terjadi ketika menggunakan radio komunikasi lebih sedikit di­banding saat menggunakan telepon seba­gai perangkat komunikasi. Peng­gunaan radio komunikasi antar masyarakat pun merupakan hal yang sudah lama dilakukan. Ada yang menyebutnya Citizen Band (CB), radio amatir, hingga radio penduduk. Pemerintah pun sudah mengatur pembagian frekuensi sebagai ‘wadah' komunikasi lewat radio bagi tiap-tiap organisasi ini.

Menggunakan radio komunikasi sebagai sumber informasi kala perjalanan pun bukan hal yang ba­ru. Ba­nyak anggota-anggota organisasi baik itu di ORARI maupun RAPI yang mengaplikasikannya ketika perjalanan.

Seperti yang dialami Eko Cahyono, Ketua ORARI lokal Jakarta Selatan. Ia tak pernah lagi mengalami kemacetan parah ketika mudik atau liburan sejak menggunakan radio komunikasi di mobilnya. "Saya kalau mudik ke Jawa (Jawa Tengah-red) selalu berkomunikasi via radio untuk tahu jalan yang tidak macet," ujarnya Eko yang sudah puluhan tahun setia menggunakan perangkat komunikasi ini.

Sebelum menggunakan radio komunikasi dalam perjalanan, ada baiknya Anda mengetahui beberapa hal tentang radio komunikasi.

 

Fungi Radio Komunikasi Dalam Perjalanan

Memantau kondisi jalan

Lewat radio komunikasi Anda bisa memantau kondisi lalu-lintas yang hendak atau sedang Anda lewati. Tak hanya itu, informasi yang diberikan pun umumnya lebih up date karena perputaran informasi lebih cepat. Andapun bisa mendapatkan informasi dari jarak jauh sehingga memungkinkan untuk menghindari jalur yang macet.

Mencari rute alternatif

Jika terjebak kemacetan, jalur alternatif pun bisa diandalkan dengan mencari informasi dari anggota ORARI lain. Keakuratan informasi memang variatif karena informasi didapatkan dari anggota terdaftar di lingkungan sekitar jalur.

Meminta pertolongan baik medis, teknis maupun keamanan

Fungsi ini yang bisa diandalkan. Karena lewat radio, sekalipun Anda di tempat yang tak terdapat sinyal hand­­phone, komunikasi masih bisa dila­kukan. Anda bisa meminta pertolong­an lewat anggota ORARI untuk menghu­bungi bantuan di sekitar mereka berada.

Teman ngobrol agar tidak ngantuk

Inilah fungsi radio komunikasi yang paling mengasyikkan. Ketika seluruh keluarga tertidur, Anda tetap bisa terjaga dari rasa kantuk sambil mengobrol dengan sesama anggota ORARI yang sedang di ‘udara’.

Mencari tempat istirahat dan kuliner

 

Lewat anggota ORARI di daerah, informasi mengenai tempat istirahat atau kuliner di daerah yang Anda tak ketahui bisa didapat. Warga lokal tentu lebih mengetahui spot restoran maupun tempat istirahat yang mereka rekomendasikan.

Trik Memakai Radio Komunikasi

Nah, sebelum melakukan komunikasi via radio komunikasi, ada cara aman dan legal yang harus Anda ketahui agar perjalanan menjadi nyaman dan sesuai peraturan. Berikut ini adalah langkah-langkahnya.

Memiliki izin komunikasi radio
Menggunakan frekuensi pada radio untuk berkomunikasi perlu perizinan walau tak sulit untuk didapat. Cara paling mudah mendapatkannya adalah dengan bergabung dengan organisasi seperti ORARI yang memiliki jaringan frekuensi radio komunikasi paling banyak dan mengikuti proses kepemilikan izin.

Pasang radio dengan rapi dan aman
Layaknya perangkat lain dalam mobil, tentunya pemasangan pun perlu diperhatikan. Hal ini untuk mempermudah Anda ketika melakukan komunikasi serta agar tidak membuat akomodasi ruang kabin berkurang.

Ketahui frekuensi di tempat
yang akan dilalui atau repeater Sebelum memulai perjalanan, sebaiknya catat frekuensi radio dari lokasi-lokasi yang akan Anda lewati. Simpan di dalam memori radio dan sesuaikan frekuensi setiap memasuki area baru yang Anda sambangi agar radio tetap dalam jangkauan.

Ketahui etika berkomunikasi
Ketika masuk ke frekuensi yang baru, Anda wajib memperkenalkan diri dengan menyebutkan call sign (identitas anggota), dan mengucap salam kepada anggota yang sedang mengudara. Hal ini akan membuat Anda disambut dan dikenal di frekuensi yang baru Anda masuki.

Last modified on Thursday, 14 August 2014 23:34
Bawah Page