OT Car Accessories - шаблон joomla Авто

Foto/

MAP/

Tips Gampang Merawat Tali Plasma Bagi Offroader

IOF Aceh -  JIP sudah membahas bagaimana management sling winch baja maupun tali plasma agar tidak mudah kusut saat digunakan. Nah, kali ini akan coba dibahas bagaimana merawat sling winch khususnya tipe plasma. Kebetulan tali plasma kini makin populer, seiring dengan makin ketat kompetisi off-road.

Jika dibandingkan dengan sling yang terbuat dari serabut baja, tali plasma memiliki banyak kelebihan. Selain perbedaan bobot sling juga kalau kusut lebih mudah mengurainya. Dari segi kekuatan tali plasma dalam menanggung beban juga tak kalah dengan sling baja.

“Kini co-driver diuntungkan jika jip yang digunakan pakai tali plasma untuk winch-nya. Tidak ada lagi tuh co-driver ngos-ngosan narik sling ke winching point,” celoteh F. Nadjib AS – mekanik dari bengkel D2 Depok.

Tali Plasma pun sudah banyak diaplikasikan oleh produsen yang bergerak dibidang recovery winch ini. Mulai dari produsen asal Asia sampai Amerika menggunakan tali plasma di produk barunya. Soal penampilan pun tali plasma dirasa lebih fashionable karena pilihan warna yang bervariasi.

Berhubung terbuat dari material yang berbeda tali plasma tentu butuh perlakuan berbeda dari sling baja. Sebab kenyataannya mindset perlakuan sama dengan sling baja kerap kali terjadi di tali plasma. Maklumlah namanya juga masih tergolong barang baru.

“Serat halus tali plasma akan cepat rusak akibat partikel kotoran. Apalagi setelah berlumuran lumpur. Tentu ini akan mengurangi daya tahan tali plasma, karena tergesek partikel lumpur yang telah mengering. Makanya harus segera dibersihkan seusai off-road,” perinci pria berambut gondrong ini.

Berikut ini beberapa tips perawatan yang layak untuk disimak.

 

Langkah Membersihkan Tali Plasma

- Setelah tali plasma dikeluarkan seluruhnya dari drum winch. Langsung siram tali plasma dengan air untuk menghilangkan lumpur atau kotoran yang menempel. Bila ada air bertekanan tinggi akan lebih baik. Kalau pun tidak ada, dapat dibantu dengan menyikatnya. Hindarkan sikat berbahan kasar. Sikat perlahan saja. Penting untuk diingat, sangat tidak dianjurkan sama sekali mencuci tali plasma dengan deterjen. Karena deterjen akan merusak bahan tali plasma sehingga jadi cepat rapuh dan mudah putus. (Cuci 1)

- Untuk membersihkan lumpur yang membandel cukup direndam dengan air hangat saja. Gosok perlahan tali plasma yang sudah terendam air hangat dengan tangan. Ulangi bila kotoran masih menempel. (Cuci 2)

- Setelah tali plasma bersih dari kotoran, keringkan dengan cara dijemur di tempat yang tidak terkena sinar matahari secara langsung (diangin-anginkan saja). (Cuci 3)

Boks:

Warning!

- Tali Plasma tidak dianjurkan sering terkena sinar matahari langsung karena tali plasma jadi mudah getas. Untuk jip yang kerap dipakai wara-wiri dan memang winch dengan tali plasma sebaiknya menggunakan cover winch. Untuk meminimalisir plasma terkena sinar matahari langsung. ( caption 1)

- Bahan tali plasma ini sangat mudah untuk menyimpan air. Maka sebisa mungkin untuk menyimpan tali plasma tidak di tempat yang lembab. Mencegah plasma terkena abrasi akibat kandungan air di dalam serat tali plasma yang banyak.

- Kemungkinan tali plasma lumer akibat panas yang dialirkan oleh motor winch bisa terjadi. Karena beberapa winch, motornya kontak langsung dengan drum. Usahakan selubung pelindung lilitan awal tali plasma tetap pada bagian yang kontak langsung dengan drum winch. (Caption2)

-  Perhatikan umur tali plasma. Begitu tali plasma sudah memasuki masa kadaluarsa yang sudah ditentukan pabrik, maka tidak dapat digunakan untuk primary recovery. Tidak seperti sling baja yang masa umurnya lebih panjang.

- Tali plasma tidak tahan terhadap gesekan benda kasar. Sehingga dibutuhkan sleeve untuk melindungi tali plasma dari gesekan. Tempatkan di sudut kasar yang akan tergesek tali plasma (caption 3)

- Bila tali plasma tidak digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama. Usahakan gulungan tali plasma di dalam drum winch tidak terlalu tegang. Mencegahstress pada tali plasma. Agar kelenturan tali tetap terjaga. Akan lebih baik jika dilepas saja dan digulung terpisah dari drum winch.

Perhatikan fairlead khusus tali plasma. Sebisa mungkin fairlead tidak ada bagian yang kasar akibat gesekan kotoran yang terbawa tali plasma. Kemungkinan terbesar terjadi saat kotoran di plasma sudah mengeras. Karena bagian kasar pada fairlead akan merusak serat halus pada tali plasma. 

beberapa referensi yang bisa dilihat

Tips video cara sambung Sling https://www.youtube.com/watch?v=DWB2jCdAE70&feature=autoshare

Tips video cara sambung Tali Plasma  https://youtu.be/DesZSd1NmVg

sumber : http://jip.co.id/

Last modified on Wednesday, 08 June 2016 00:45
Bawah Page