OT Car Accessories - шаблон joomla Авто

Foto/

MAP/

Mengenal GPS Bagi Offroader

Salah satu perangkat yang keberadaannya jarang dihiraukan oleh kebanyakan orang awam adalah GPS. Padahal dengan berbagai macam jenis GPS, manusia lebih mudah melakukan segala sesuatu yang berhubungan dengan arah dan tujuan. Apakah anda bisa membayangkan jika anda dalam sebuah perjalanan anda tidak akan pernah tersesat, meski tanpa sekalipun bertanya kepada orang? Dengan begitu waktu tempuh anda tentu akan menjadi lebih singkat.tipe-tipe-GPS

IOF Aceh - Selain kegunaan tersebut, perangkat ini bisa digunakan untuk mengukur kecepatan anda berlari dan bersepeda, mengukur jarak, perbedaan ketinggian dan detak jantung anda. Setelahnya, data-data yang didapatkan tersebut bisa diunggah ke dalam catatan latihan anda atau map secara online. Pengguna juga memiliki opsi untuk bisa membagikan hasil tersebut.

GPS juga bisa membantu pada petualang yang ingin pergi mendaki sebuah gunung, serta mampu menunjukan jalan kembali ke dalam tempat camp mereka. Bagi anda yang suka bermain golf, perangkat tersebut mampu membantu anda untuk bisa mengetahui jarak antara bola anda dengan pin, sehingga anda bisa memperkirakan stik mana yang akan anda gunakan dan kecepatan pukulan seperti apa yang tepat agar bola bisa masuk kedalam pin.

 

Sangat banyak sekali aspek-aspek kehidupan yang bisa dibantu oleh perangkat tersebut. Oleh karena banyaknya aspek kehidupan yang bisa dijangkau oleh alat yang satu ini, GPS dibagi menjadi beberapa jenis. Ini dia berbagai jenis dan fungsi masing-masing

 

1. GPS Untuk Kendaraan Bermotor

Jenis untuk kendaraan bermotor sangat laris pada 2 ahun terakhir, dikabarkan bahkan hampir mencapai 2 kali lipat penjualan dari tahun-tahun sebelumnya. Dan Jenis GPS untuk kendaraan bermotor merupakan segmen pasar GPS yang paling laris diantara semua jenis GPS lainnya. Mengapa hal tersebut terjadi? Karena pada GPS ini pengguna bisa mendapatkan informasi yang leih akurat, akurasi dan kegunaan dari peta dan arah juga telah berkembang pesat, bertambahnya fitur seperti penambahan data lalu lintas sehingga bisa mengetahui mana jalan yang macet dan yang tidak, serta kemampuan untuk bisa menyambungkan ponsel pintar dan GPS via wireless. Selain itu, pasar otomotif juga tidak pernah padam, semakin lama juga semakin ramai dan berkembang.

GPS ini biasanya diletakkan pada mobil dan dilengkapi dengan aksesoris yang digunakan untuk bisa merekatkan GPS tersebut. GPS juga diletakkan dibagian dari dashboard mobil agar pengemudi bisa mengetahui kemana petunjuk dari GPS tersebut. Cara pemasangannya pun juga tidak terlalu rumit dan membutuhkan banyak peralatan. Pengguna hanya tinggal menyambungkan kabel power dari GPS ke dalam kabel power milik mobil untuk membuat GPS ini menyala. Ketika GPS ini telah menyala, anda akan bisa menikmati berbagai fitur dan servis yang ada di bawah ini (fitur dan servis bergantung pada model GPS milik anda):

  • Bisa memberikan navigasi ke tempat tujuan yang telah ditentukan terlebih dahulu, navigasi bisa berupa instruksi suara atau animasi yang ada pada perangkat.
  • Pengguna bisa menyentuh menu “go home” untuk mendapatkan navigasi menuju kembali ke rumah dari tempat manapun.
  • Informasi perjalanan seperti, arah kompas, kecepatan berkendara dan waktu tiba.
  • Bisa melakukan panggilan dengan menggunakan bantuan Hands-free menggunakan koneksi wireless antara GPS dan ponsel.
  • Peringatan lalu lintas berupa kemacetan dan alternatif jalur yang bisa ditempuh untuk menghindari kemacetan.
  • MP3 player.
  • Pemberitahuan tempat-tempat penting seperti ATM, Bioskop, Mall dan Tempat pengisian BBM dan bahkan harga BBM.

Masih banyak lagi fitur-fitur yang bisa anda dapatkan, namun mungkin memakan biaya yang sedikit lebih banyak untuk melakukan langganan. GPS jenis ini memang sangat berguna sebagai asisten perjalanan ketika berpergian. GPS untuk kendaraan bermotor memiliki harga yang berkisar antara 2 jutaan hingga 10 jutaan, tergantung fitur dan kemampuan masing-masing.

 

2. GPS Handheld

 

Jenis GPS berikutnya adalah GPS Handheld. Seperti namanya, GPS Handheld adalah GPS yang setiap fiturnya bisa kita operasikan dengan memegang GPS tersebut. GPS tersebut secara tidak sengaja telah merubah segala aktivitas kegiatan outdoor dengan mengganti peta dan kompas menjadi peta digital dan mampu mendapatkan lokasi, ketinggian, topografi tempat dan berbagai data lainnya dengan lebih presisi.

 

Dengan perangkat Handheld ini, pengguna bisa menentukan lokasi yang tepat untuk kegiatan memancing, menemukan teman yang tersesat di hutan, mendapatkan tempat kemah yang nyaman dan berbagai aktivitas outdoor lainnya. GPS tipe ini mampu meminimalisasi resiko bahaya pada kegiatan outdoor anda dengan mengurangi resiko tersesatnya pengguna. GPS ini juga nyaman untuk digunakan meski bentuknya kecil dan sedikit agak tebal.

Pengguna akan mendapatkan berbagai fitur ini ketika membeli GPS Handheld:

  • Layar sentuh yang interaktif
  • Peta yang selalu update menyesuaikan dengan lokasi pengguna
  • Menunjukan opsi jalan bagi pengguna
  • Informasi perjalanan seperti arah kompas, kecepatan dan waktu tiba
  • Altimeter
  • Kompas digital
  • Waktu
  • Alarm
  • Kamera
  • Mampu tersambung ke dalam PC

Anda bisa menggunakan GPS Handhelds pada mobil, kapal atau pesawat, tapi GPS tersebut tentu saja tidak akan bekerja sesuai dengan kemampuan terbaiknya. GPS Handhelds dibandrol di angka kisaran 1 jutaan hingga 5 jutaan, tergantung brand, jenis dan spesifikasinya.

 

3. GPS untuk Kegiatan Olahraga

 

Semakin GPS pun juga semakin berkembang, beberapa produsen telah memproduksi GPS yang mampu membantu anda meningkatkan program latihan anda, tidak peduli anda seorang atlet atau orang biasa yang tetap menjaga kebugaran tubuh.

 

Perangkat GPS ini didesikasikan untuk pengguna yang sedang dalam program latihan dan fitness. GPS Garmin Edge 800 contohnya, merupakan GPS yang sangat cocok untuk bersepeda atau GPS Forerunner 210 yang dibuat untuk para pelari yang sedang berada dalam program latihan. Kedua GPS ini memiliki kesamaan yang identik dengan GPS yang difungsikan untuk kegiatan olahraga seperti anti-air dan memiliki bodi yang sangat kuat. Meski bentuknya kecil dan biasanya dipakai dipergelangan tangan, GPS ini memiliki cukup banyak fitur.

 Jika anda telah memiliki GPS yang mampu tersambungkan dengan smartphone atau anda berpikir untuk membeli perangkat tersebut. Anda bisa memilih program latihan dan fitness yang cukup kompleks. Tidak usah khawatir karena GPS akan mencatat semua data tersebut, bahkan data-data seperti perhitungan kalori yang dikeluarkan, peta yang anda lalui ketika berlari, catatan waktu dan jarak akan dicatat dengan baik dan lengkap. Catatan tersebut bisa anda unggah ke dalam tempat penyimpanan cloud sehingga bisa anda bagi di media sosial milik anda.

Untuk kegiatan bersepada, unit ini akan menggantikan cycle computer yang masih bekerja secara konvensional. Selain itu, perangkat tersebut telah memberikan berbagai fitur yang menarik yang tidak mampu diberikan oleh cycle computer seperti peta dari rute ang akan di tempuh, lokasi tujuan, detak jantung, dan irama nafas dari pengguna. Semua data tersebut bisa di unggah pada program latihan yang telah terkomputerisasi di dalam website. Sisi baiknya lagi, alat ini tidak membutuhkan kabel untuk beroperasi, sehingga membuat ini mudah untuk digunakan.

Untuk para pelari yang biasanya tidak mendapatkan banyak data sehingga sering menjalankan program latihan yang tidak maksimal, mungkin bisa menggunakan GPS ini untuk bisa mendapatkan banyak data. Sama seperti sebelumnya, data-data tersebut akan disimpan pada program latihan yang telah di komputerisasi. Tujuannya agar para pelari bisa mendapatkan data yang cukup lengkap mengenai kondisi tubuhnya dari hari per harinya, selain itu pelari tersebut bisa menerapkan jadwal latihan, porsi latihan, intensitas latihan, dan variasi latihan. Beberapa model GPS tipe ini mampu mendapatkan data untuk berbagai kegiatan olahraga (multi-sport).

Ketika anda menentukan untuk membeli jenis GPS ini, maka anda akan mendapatkan berbagai fitur ini.

  • Stopwatch / splits
  • Waktu dan jarak dilengkapi dengan tanda pengingat
  • Kecepatan / kecepatan maksimal / kecepatan rata-rata
  • Detak jantung dan detak jantung ketika berolahraga
  • Irama ayunan pedal
  • Virtual partner
  • Interval latihan
  • Altimeter dan profil latihan
  • Peta rute dan peta tujuan
  • Latihan untuk berbagai olahraga
  • Navigasi

 

4. GPS Untuk Kegiatan di Perairan

Tipe GPS yang digunakan untuk kegiatan di perairan

Jenis ini di produksi untuk jenis kendaraan kapal, dan lebih banyak digunakan oleh kapal-kapal komersial dan rekreasi. Penunjuk peta pada jenis ini memiliki tingkat akurasi yang sangat tepat, mudah digunakan, mampu digunakan di berbagai kondisi, dan cukup aman untuk berbagai kegiatan di perairan. GPS tipe ini memiliki kemampuan untuk bisa menentukan lokasi dengan sangat presisi, bahkan seluruh informasi mengenai lokasi tersebut bisa anda dapatkan. Tentu saja fitur ini cukup berguna sebagai alat untuk menanggulangi bencana yang tidak terduga. GPS ini diproduksi dengan tujuan sebagai peta digital yang sangat portable dengan kemampuan yang canggih. Peta pada tipe GPS ini juga sangat berbeda dengan tipe yang biasa, pada GPS ini pengguna bisa melihat peta pantai-pantai pesisir dan sangat banyak lagi peta tambahan untuk bisa melihat keadaan area perairan dunia dan danau yang ada.

 

Jika anda membeli jenis untuk kegiatan perairan ini, anda akan mendapatkan berbagai fitur seperti:

  • Layar yang cerah, berwarna dan peta yang mampu update dengan presisi
  • Memberikan navigasi ke tujuan
  • Memberikan navigasi rute perjalanan
  • Memberikan navigasi pada rute perjalanan yang telah disimpan
  • Terdapat tombol untuk menentukan keadaan darurat
  • Dapat mengetahui kecepatan, jarak dan rute
  • Memiliki kompas digital
  • Bisa mendapatkan gambar pada satelit
  • Panduan otomatis
  • Informasi pasang surut air laut
  • Informasi area yang terdapat banyak ikan
  • Alarm

Jenis GPS ini memiliki harga yang cukup mahal dan tergolong eksklusif.

 

5. GPS Untuk Pesawat

 

Jenis untuk pesawat merupakan jenis yang terakhir. GPS ini menggunakan teknologi yang digunakan untuk melengkapi kebutuhan pada era cockpits modern kali ini. Pengguna tidak akan bisa mendapatkan GPS ini di toko-toko reseller karena memang harganya yang cukup mahal dan barangnya juga cukup eksklusif.

 

tipe-tipe-GPS

Tipe GPS yang digunakan di udara

Mungkin jenis ini cenderung mahal, namun memiliki kemampuan yang cukup efektif untuk membantu pilot melakukan pekerjaannya. Pada perangkat ini terdapat instrument-instrumen pesawat yang terpasang secara rapi dan baik sehingga pilot mampu menggunakannya dengan mudah, namun tetap efektif.

 

Berbagai fitur yang bisa anda temui pada jenis GPS untuk pesawat adalah:

  • Halaman untuk peta
  • Halaman untuk mengetahui medan yang ditempuh
  • Halaman untuk mengetahui peta dari rute yang dipilih
  • Halaman untuk mengetahui posisi dari pesawat
  • Navigasi “Direct-to”
  • Kriteria bandara dan informasi dari bandara
  • Diagram Taxi
  • Bisa mengetahui bandara, kota dan pelayanan penerbangan terdekat
  • Status dari keadaan cuaca
  • Membuat rencana penerbangan
  • Peringatan ketika berada di luar rute

 

 

Last modified on Saturday, 30 April 2016 09:25
Bawah Page