OT Car Accessories - шаблон joomla Авто

Foto/

MAP/

HOOD BONNET PIN Pin Pengaman Kendaraan Offroader

IOF Aceh - Dunia balap tidak selalu berbincang mengenai kecepatan semata, namun juga erat hubungannya dengan kepraktisan. Tapi unsur kepraktisan ini tak boleh lepas dari safety. Salah satu contoh kepraktisan dari dunia balap adalah dengan hadirnya hood pin bonnet aftermarket. Peranti ini menggantikan pengunci kap mesin orisinal bawaan pabrik yang rata-rata dapat diaktifkan dari dalam kabin. Tinggal tarik tuas yang ada di kabin pengunci kap pun terlepas.

Inovasi yang dikenal dengan nama hood bonnet pin atau juga jamak disebut sebagai bonnet pin diciptakan. Tugas utama alat ini adalah mengunci kap mesin ataupun bagasi dengan kuat namun tetap mudah dan cepat diakses. Makanya hampir semua kendaraan kompetisi banyak yang mengaplikasikan alat ini. Malah belakangan kendaraan harian banyak yang memakai karena ingin lebih menguatkan aroma modifikasi kendaraan kompetisi. 

Terdapat beberapa jenis bonnet pin di pasaran. Bentuk dan ragamnya pun banyak. Jenis tusuk menjadi yang paling banyak dijumpai, selain itu terdapat juga jenis per atau jenis lainnya. Namun yang paling diperhatikan saat memilih bonnet pin adalah pada peruntukannya.

Teks & Fotografi: Suryo Sudjatmiko

Tipe tusuk didesain untuk menahan bidang horisontal. Pada dasarnya jenis ini menggunakan sebuah batang as yang ditanam di balik bidang yang akan ditahan (kap mesin sebagai contoh). Syaratnya as ini harus ditanam sekuat mungkin dan harus menembus bidang yang akan ditahannya.

   

Model tusuk dengan topi penahan yang terbuat dari bahan karet menjadi favorit. Bahan karet ini selain menjadi bantalan penahan yang baik, sifat lenturnya membuat batang pengunci dapat melekat kuat pada bidang yang ditahannya.

Pengunci pada jenis tusuk biasanya memiliki tali kawat baja. Perlu diingat bahwa kawat ini bukanlah peranti yang menahan bidang yang ditahannya. Peran tali kawat ini semata-mata untuk memegangi pengunci, sehingga apabila kunci dibuka dari tempatnya tidak akan jatuh atau hilang.

Beberapa tipe tusuk berkembang menjadi lebih modis dan moderen. Seperti halnya bonnet pin lansiran Aerocatch. Tali kawat sudah tidak nampak lagi lantaran penguncinya didesain menyatu dengan unit bonnet pin.

Jenis pegas lebih cocok untuk menahan media vertikal. Kekuatan pegas sangat menentukan kemampuan peranti ini dalam menahan suatu media. Dalam banyak kasus kekuatan pegas bisa saja melemah lantaran sering mendapat hentakan.

Bonnet pin bawaan Jeep seperti yang dipergunakan pada CJ-7 hingga era Wrangler jadi salah satu contoh bonnet pin pegas orisinal bawaan kendaraan. Untuk keperluan balap, jenis ini tidak direkomendasikan.

 

          sumber: jip.co.id

Last modified on Thursday, 11 February 2016 19:23
Bawah Page