OT Car Accessories - шаблон joomla Авто

Foto/

MAP/

Offroader ayo Kenali Jenis Ban

IOF Aceh - Nah berikut kita akan coba bahas secara garis besar mengenai jenis ban bagi Offroader

Ada nggak sih di antara kalian yang tiap harinya sebelum melakukan aktifitas ngecek kondisi kendaraan kalian? Pasti kebanyakan nggak sempet, ya kan?

Jangankan ngecek kondisi keseluruhan kendaraan, ngecek kondisi ban pun kadang kita lupa. Padahal nih offroader, ban merupakan salah satu komponen penting dalam berkendara. Kalo diibaratkan nih, ban itu udah kayak alas kaki manusia.

Lo mau berkendara jauh atau dekat, dengan kondisi jalan mulai dari yang bagus sampai yang jelek banget, usahakan kondisi kendaraan dalam keadaan bagus. Supaya kendaraan Offroader nggak mudah rusak atau slip kalo lewatin jalan yang kurang bersahabat.

Untuk itu, coba deh mulai dari sekarang kalian lebih peduli dengan kondisi ban kendaraan kalian. Jangan sampai ban benjol-benjol dengan tambalan di sekeliling ban, lo paksain buat berkendara. 

Sebagai alas kaki kendaraan bermotor, ban juga mempunyai berbagai jenis modelnya. Hal ini, berfungsi sebagai pengatur keseimbangan kendaraan dan juga mempengaruhi ketahanan mesin.

Kayak apa jenis dan karakter ban yang disesuaikan dengan kondisi jalan, cuaca, dan jarak. Ini dia "Jenis-jenis Ban yang Cocok Buat Kendaraan Lo"

1. Semi Slick Tires

 

Jenis ban semi slick ini merupakan ban standar yang biasa dipakai untuk balapan di kelas superbike atau supersport. Eits, jangan pernah digunain untuk aktifitas sehari-hari, soalnya nih komponennya sangat lunak dan mudah tertancap benda tajam.

Ban jenis semi slick ini memiliki grip dan daya cengkram yang luar biasa, apabila beroperasi di suhu yang cukup tinggi. Kekuatan optimal jarak tempuh ban semi slick hanya mencapai 1.600 km atau kurang.

 

2. Slick Tires

Jenis ban satu ini, termasuk ban yang terbilang mahal dibandingkan jenis ban lainnya. Maklum aja bro, ban jenis slick biasa dipakai untuk balap motor MotoGP, Formula 1, hingga Nascar. Nah buat lo yang suka balapan di jalan raya, diharap sih jangan pernah pake ban ini. Kenapa? Ban ini hampir sama seperti ban semi slick. Lunak, dan hanya bisa dipakai dalam keadaan kondisi aspal yang rata. Ban yang termasuk khusus untuk balapan ini, mempunyai dua tipe, yaitu basah dan kering.

 

3. Sport Touring Tires

Ban tipe sport touring ini memiliki daya tahan yang lebih baik dari tipe ban racing (slick/semi slick). Maklum aja bro, ban ini cocok buat dipakai untuk perjalanan jauh. Biasanya para rider dan driver yang hobi berpetualang, lebih suka memakai ban jenis sport touring.

Tapi ingat, jangan terlalu bermanufer ketika berada tikungan yang tajam, karena ban jenis ini mempunyai daya cakram yang tidak terlalu bagus, sehingga sering sekali pengemudi tidak bisa mengendalikan keseimbangan dan itu bisa membahayakan keselamatan kalian bro.

 

4. Cruiser Tires

Tipe ban ini, memiliki daya tahan lebih baik dari tipe ban semi slick/slick, untuk daya cakramnya pun terbilang baik. Tapi kebanyakan pemakai jenis ban ini adalah para pengguna motor. Terutama  pengguna motor bebek dan matic. Yang hobi touring dengan motor bebek atau matic, ban jenis cruiser ini bisa loh menjadi pilihan.

 

5. Off Road Tires

Dari namanya kalian udah pasti tau dong jenis ban ini apa? Yaps, jenis ban off road memang dibuat khusus untuk jenis motor trail atau motorcross.

Buat para pengemudi yang hobi berpetualang ke pegunungan, atau tempat-tempat dengan jalanan yang rusak, becek, nggak ada ojek dan banyak bebatuan, menggunakan jenis ban off road sangat pas banget.

Selain ban ini punya daya cakram yang kuat, ban off road tidak mudah sobek atau tertembus benda-benda yang tajam. Karena punya lapisan yang tebal dan memiliki banyak ruas. Tapi sayangnya, jika dipakai di jalan aspal, ban jenis off road cenderung tidak stabil.

 

6. Scooter Tires

 

Bagi lo yang punya scooter, emang rada sulit sih pilih jenis ban scooter. Bukan karena ukuran bannya yang beda, dari harganya pun, jenis ban scooter bisa dibilang jauh lebih mahal dibandingkan dengan ban untuk motor bebek atau matic.

Alasannya sih, karena jenis ban scooter pabrikan Vespa dan Piaggio diproduksi secara khusus. Jadi, buat lo yang punya Vespa atau Piaggio, jangan pernah coba-coba ganti ban lo dengan jenis ban lainnya. Pilihannya cuma satu, yaitu jenis ban scooter asli bawaan pabriknya.

Untuk mencari merk ban yang bagus, masing-masing merk ban ternama yang dijual di pasaran mempunyai kelebihan dan kekurangan di tiap tipe ban tersebut.

Nah, yang udah nggak sabar buat liburan gunain kendaraan pribadi, ngotak-ngatik mobil atau motor biar tambah keren, sampai touring keliling dunia pakai kendaraan pribadi, lebih baik dicek dulu deh kondisi ban kendaraan kalian.

 

Last modified on Saturday, 06 February 2016 03:44
Bawah Page