OT Car Accessories - шаблон joomla Авто

Foto/

MAP/

Tips Mengganti Ban dan Pelek

IOFACEH – Sebelum melakukan perjalanan menempuh jalur ekstrem dengan menggunakan mobil off-road. Pemilihan ban dan pelek menjadi hal penting untuk kenyamanan dan kesuksesan perjalanan yang terbilang bukan mudah dan banyak tantangan.

Bila semua fasilitas dan perlengkapan off-road sudah tersedia. Kesiapan mesin mobil sudah mantap, tetapi bila pemilihan ban atau pelek keliru, akan menghancurkan impian menundukkan jalur ekstrem yang banyak dinantikan oleh offreader.

Seperti dikutip dari majalah JIP, ban dan pelek menjadi bagian pertama yang harus dimasukkan dalam daftar belanja. Alasan dipilihnya sejoli ban dan pelek ini tak lain karena merupakan bagian yang berpotensi menimbulkan masalah jika salah dalam pemilihan ukuran.

“Jika terjadi kesalahan pemilihan ban dan pelek, maka konsekuensinya merembet pada suspense, as roda atau bahkan bodi,’ ungkap Boim dari RR7 Motosport.

Wajib disadari bahwa kondisi  dan situasi pada keneraan yang dimodifikasi. Umumnya D-cab atau disebut dalam bahasa lain Double Cabin memiliki suspense depan independen. Jenis suspense ini tergolong cukup pemilihan dalam menentukan ukuran ban.

“Semisal menggantikan ban dengan ukuran32 inci dengan pelek off-set positif, hasilnya akan beda jika memakai ukuran ban sama dengan pelek offset negative,” ungkap Boim.

Menurutnya, ban dan offset positif tak jarang akan membuat pekerjaan rumah (PR), lantaran bibir ban akan menghantam sepatbor bagian dalam. Kendati menggunakan ukuran ban sama, namun pelek dengan offset negative namun tanpa harus menghantam bagian dari kenderaan.

Mengenai ukuran ban yang direkomendasikan ada diangka 32-33 inci dengan lebar 10.5-12 inci. Ban dengan ukuran tersebut dianggap ideal lantaran mempu memberikan konstribusi tambahan pada ground clearance dan bersahabat ketika proses pemasangannya.

Adapun penggunaan ban dengan ukuran lebih besar tidak dilarang. Namun seiring dengan peningkatan ukuran lingkaran ban, semakin besar juga tingkat kesulitan dalam instalasinya.

 

“Dibutuhkan suspense lift yang lebih tinggi dan as roda yang lebih kuat untuk memutar ban berukuran besar tersebut,” tutupnya. 

Last modified on Wednesday, 28 October 2015 00:33
Bawah Page