OT Car Accessories - шаблон joomla Авто

Foto/

MAP/

Ini yang Paling Dibutuhkan Kendaraan OffRoad Segala Medan

IOFACEH - Seperti sudah dibahas sebelumnya bawa suspense secara garis besar terbagi dua, soal pegas yang digunakan yaitu per daun dan keong. Hanya saja aplikasi dari pengguna per tersebut yang beragam. Terutama pada penggunaan per keong yang raltif banyak digunakan pada system suspense independen.

Suspense independen ini menggunakan lengan ayun yang terhubung dengan knuckle roda. Pada lengan ayun itulah, peran per keong dan sok breken menahan guncangan dari roda juga menjaga stabilitas tunggangan kala melaju di jalan.

Berbagai macam system suspense yang ada pada mobil, seperti multilingk, trailing arm, semi trailing arm serta masih banyak hal lainya bisa diterapkan. Tentu masing-masing memiliki keunggulan.

Tetapi pada SUV kebanyakan menggunakan doble wishbone dengan per keong atau batang torsi di depan dan menggunakan multi link di belakang. Baik yang menggunakan gardan belakang rigid maupun independden.

Dari sekian banyak system yang digunakan, ada satu hal yang umumnya dilakukan agar tunggangan dapat melalui meddan off-road. Banyak pengguna jip maupun SUV ingin membawa tunggagangannya untuk melahap rute yang tak selalu berselimut aspal mulus. Sedikit melalui medan yang tak rata merupakan incaran jalanan yang akan ditempuh bersama mobil  kesayangan.

Ground Clearance! Ya, hal yang utama agar mobil tidak mudah nyangnkut saat melewati jalanan yang tak rata alias off-road. Mengapa demikian? Rute bukan aspal, baik itu sekedar jalan berkerikil atau jalan tanah dengan alur air,memiliki ketinggian tak sama permukaannya. Hal ini yang membuat kolong mobil tak jarangakan terbentur tanah.

Dengan bertambahnya ground clearance atau jarakterdekat dengan tanah, tentu kondisi seperti tak bisa diantisipasi. Hal palingsederhana adalah menggunakanban yang lebih tebal. Bukan kembangkan bannya yang tebal, tetapi yang memiliki lingkar luar lebih besar dibandingkan standarnya. Dengan begitu as roda akan semakin jauh dengan tanahdan otomatis bagian bawah mobil pun akan semakin tinggi.

Kebebasan untuk melewati gundukan tanah atau bebatuan kecil lebih leluasa buat pengguna mobil, karena bagian kolong sudah lebih jauh dengan tanah. Sebagian pertimbangan, rata-rata ground clearance SUV standar adalah sekitar 200 mm. Dengan lingkaran luar roda yang bertambah,tentu akan menambah jarak tersebut beberapa millimeter lagi. Jadi, dari mana ground clearance diukur?

 

Sumber : Majalah JIP

Bawah Page