OT Car Accessories - шаблон joomla Авто

Foto/

MAP/

Cara Membersihkan Kotoran Membandel pada Mesin

IOFACEH.COM - Jika debu, lumput dan oli bersatu, maka jadilah kotoran yang bakal susah dibersihkan, terutama pada mesin dan bagian besi mobil. Bila dibiarkan terlalu lama, maka mesin atau bagian logam yang terkontaminsasi itu akan nampak kumuh dan tidak sedap untuk dipandang mata.


Mencuci dengan bensin ataupun minyak tanah, memang merupakan solusi ampuh. Namun tidak aman memadai untuk kotoran yang sudah berkerak.

Jangan berkecil hati. Kerak kotoran yang membandel tersebut sebenarnya dapat dilumpuhkan dengan cairan kimia yang kita kenal sebagai hydrogen clorida (HCL). Cairan bersifat aasam ini akan membantu mengangkat sisa kerak yang menempel. Walapun demikian, penggunannya haruslah hati-hati, karena cairan ini memiliki sifat korosif.

Jika cairan secara murni kita pergunakan untuk membersihkan logam tersebut, sifatnya korosifnya akan segera muncul. Bukannya bersih, namun bagian yang diolesi akan termakan oleh HCL tersebut. Bisa-bisa kebersihan yang diidankan bakallan berganti dengan barang yang babak belur digeregoti karat.

Oleh sebab itu HCL ini perlu dijinakkan. Caranya perlu dicampur air dengan komposisi 1:10 hingga 1:20. Setiap 10 cc HCL dicampur dengan 100 atau 200 cc air. “Kisaran utama 10 hingga 20 ini hanya sebagai patokan saja,” terang Ipul yang perprofesi salon mobil panggilan ini.

“Untuk membersihkan perangkat bahan alumuniaum, sebaiknya memiliki komposisi air yang lebih banyak, sedangkan jika barang yang akan dibersihkan terbuat dari besi, maka boleh dengan komposisi HCLnya lebih banyak,’ sambung pria yang telah terjun dalam dunia bersih-bersih kenderaan sejak 1990-an ini.


Selain itu perlu diperhatikan juga tatacara penggunaannya. “Saat proses pembersihan berlangsung, bagian yang sudah dibersihkan tersebut harus dicuci kembali dengan bilasan air. Tidak ada salahnya jika dilakukan pembilasan berulang kali untuk lebih memastikam bagian tersebut bebas dari sifat asam HCL,” terang pria yang jasanya banyak digunakan pedagang mobil ini. “Sejauh pengalaman saya, hasil yang didapat cukuk cling,alias bersih dan efektif,” tutupnya.

 

Bagaimana prosesnya? Yuk simak berikut ini :

1.   Racik cairan HCL dan campur dengan air. Komposisi yang diinginkan berkisar pada perbandingan 1 : 10 atau 1 : 20. Angka 1 ini mewakili HCL ya. Semakin kecil perbandingannya, maka akan semakin kuat pengaruh HCLnya. Dampaknya, komponen yang dibersihkan akan semakin rentan korosi.

Dianjurkan mencoba campurannya dengan takaran komposisi paling besar (lebih banyak air) terlebih dahulu. (hc)

2.   Oleskan campuran tersebut pada bagian yang akan dibersihkan (hc1)

3.   Bantu bersihkan dengan kuas. (hc2)

4.   Tunggu beberapa saat dan bilas dengan air bersih. (hc3)

5.   Ulangi beberapa kali hingga didapatkan hasil yang diinginkan. (hc4)

 


Cairan pembersih dari bahan HCL ini sebenarnya cukup luwes digunakan pada perangkat lainnya. Tidak melulu dihadapkan dengan oli dan kotoran pada mesin. Namun juga efektif untuk kotoran bandelyang menempel pada bodi, seperti aspal ataupun cipratan semen. Caranya sama dengan membersihkan kotoran oli.

 

Sumber : Majalah JIP

Bawah Page