OT Car Accessories - шаблон joomla Авто

Foto/

MAP/

Tips Menggantikan Rem Kaliber Ganda

BANDA ACEH – Pergantian ban yang lebih besar dibandingkan standar, menimbulkan masalah tersendiri, terutama pada kemampuan pengeremannya. Beragam upaya dilakukan untuk mengembalikan kemampuan menghentikan laju kenderaan.

Mulai dari mengganti master atas, khususnya untuk rem cakram, memperbesar braking contact dengan mengganti kaliber yang memilikipenampang yang lebih besar, atau piston lebih banyak.

Mengganti kaliber yang lebih besar tentu tidak semudah membalik telapak  tangan. Bisa saja mendapatkan kaliber yang lebih besar, namun ketebalan disk brake bawaan kenderaan tidak cocok dengan kehadiran kaliber baru tersebut. Alhasil, mau tak mau penyesuaian dengan mengganti piringan cakram tidak dapat dihindari.

Wacana lainnya dengan menambahkan satu kaliber lagi pada unit rem. Target awal memang membidik rem depan dulu. Namun tidak dilarang melakukan oprekan pada rem belakang. Pada rem belakang, kaliber tambahan ini dapat dipergunakan pula sebagairem tangan aliase-brake.

Karena masih ingin mempertahankan piringan asli bawaan kenderaan, maka kaliber tambahan ini harus sama tipenya dengan kaliber bawaan kenderaan. Jika terpaksa menggunakan kaliber yang berbeda tipe, pilihlah kaliber yang digunakan pada disc atau cakram dengan  ketebalanyang sama.

Dalam proses ini, dibutuhkan braket caliber baruyang mampu menampung dua kaliber sekaligus. Untuk itu, braket kaliber bawaan harus dilengserkan terlebih dahulu. Braket kaliber baru harus menggunakan bahan pelat dengan ketebalan yang pas dan dibubut tengahnya untuk mendapatkan keselarasan dengan kaliber yang akan dipasang.

Menambah kaliber extra, artinya membutuhkan tekanan oli yang lebih besar. Oleh karenanya, diperlukan upaya mengupgrade master atas. Dengan master rem yang lebih besar, maka tekanan yang diciptakan pun sesuai untuk mengumpan kaliber rem tambahan.

Pergantian master rem ini sangat dianjurkan, terlebih pada kenderaan yang belum dilengkapi booster rem. Karena efeknya, pedal rem lebih enteng diinjak sehingga kenderaan lebih nyaman dikenderai.

 

1.   Kaliber


Untuk mensuport tekanan minyak pada rem dengan dual kaliber ini, diperlukan master rem atas yang lebih kuat dibandingkan dengan bawaan asli kenderaan. Penggunaan master rem dengan kapasitas lebih besar sangat dianjurkan untuk menambah kapasitas kemampuan pengereman dan juga kenyamanan mengemudi.

 

2.   Ruang Teratas


 

3.   Braket Kaliber


Braket kaliber menjadi hal yang cukup krusial pada pemasangan dobel kaliber. Ketebalan pelat dan kepresisian menjadi hal utamanya.

 

4.   Proportioning Valve


 

Peran Proportioning valve cukup signifika untuk membantu pembagian tekanan minyak rem secara proporsional. Terutama pada modifikasi rem belakang. Jangan sampai rem bagia belakang tersebut memiliki tekanan lebih besar dibandingkan dengan rem bagian depan.

Sumber : majalah JIP

Bawah Page