OT Car Accessories - шаблон joomla Авто

Foto/

MAP/

Hand Signal IOF Aceh Indonesia Offroad Federation

BANDA ACEH – Bagi offroader tidak hanya memiliki kemampuan mengemudi dalam kondisi jalan yang ekstrem dan skil melewati lumpur serta jalan yang hancur. Tetapi, offroader juga harus mengetahui pemahaman tentang hand signal untuk keselamatan.

Hand Signal ini berfungsi saat mobil terjebak dalam lumpur hingga tidak mampu digerakkan hanya menggunakan kekuatan mobil sendiri. Maka dibutuhkan alat bantu berupa winch untuk menarik keluar mobil yang terjebak dalam lumpur.

Menggunakan winch tidak boleh semberangan dan harus digunakan sesuai dengan prosedur. Prosedur penting dalam menggunakan winch ini adalah mengikuti langkah-langkah yang diisyarakatkan oleh navigator. Penting ini dipahami agar gerakan winch dengan gerakan mobil yang terjebak seiring, sehingga lebih memudahkan untuk dievakuasi.

Berikut gambar hand signal :

1.   Arah setir


Arah setir ini berfungsi untuk memberikan arah sopir supaya memudahkan dalam mengemedui di jalaur offroad. Karena jalur sempit sehingga sopir mengalami kesulitan melihat posisi track dan ban, sehingga dibutuhkan navigator untuk mengarahkan posisi setir agar mobil tidak terposok atau jatuh ke jurang. 

2.   Area atau Ulur


Area atau ulur ini offroader menarik dan mengulurkan winch saat mengeluarkan mobil dalam jebakan apapun. Saat kita mau menggunakan winch tentunya sling mesti dikeluarkan terlebih dahulu untuk diikat di titik ikat tentut, seperti pohon maupun mobil yang berada di depan.

3.   Stop


Saatnya untuk berhenti menarik winch.

4.   Tarik


Untuk menarik sling tentunya perlu arahan navigator  agar aman sehingga sling tidak kusut.

5.   Traksi ban


 

Traksi ban perlu dilakukan agar winch tidak terlalu berat bekerja, sehingga motor winch tidak mudah rusak.

Last modified on Thursday, 09 July 2015 03:58
Bawah Page