OT Car Accessories - шаблон joomla Авто

Foto/

MAP/

Ganti Bantalan As Dinamo Power Window

BANDA ACEH – Power window takterbantahkan terlah jadi aksesoris yang dibutuhkan sebuah kenderaan termasuk jip dan SUV, Peranti yang digerakkan oleh daya listrik ini memudahkan pemakaian mobil membuka ataupun menutup kaca jendela kenderaan.

Namun, seiring umur pemakaian keausan tak bisa dihindari. Akibatnya peranti ini bisa ngambek dan macet tak mau naik turun.

Bayangkan saja jika tiba-tiba fungsinya berhenti justru saat kaca terbuka setengah dan kemudian tidak bisa lagi dinaikkan ataupun diturunkan. Pasti akan bikin hati-hati, was-was ketika harus parkir.

Belum lagi jika tiba-tiba hujan deras turun, bisa-bisa penumpang dalam mobil bisa basa kuyup. Bakalan kacau balau tuh!

Ada beberapa hal penyebab power window mogok kerja. Antara lain karena kondisi dinamo sidah tidak bagus, kondisi rel power window yang jalurnya tak lancar atau disebabkan oleh berbagai hal lainnya.

Pada tulisan ini coba fokuskan pada kemacetan yang disebabkan oleh kinerja dinamo. Sebenarnya ada satu bagian mungkin terlewatkan. Meskipun terlihat sepele tapi bisa bikin dinamo tidak berputar lancar.

Perlu diketahui bahwa sebuah dinamo power window memiliki bantalan tipis pada setiap ujungnya. Bantalan tipis ini biasanya terbuat dari bahan polyurethane atau ebonit. Fungsinya untuk meminimalkan gesekan antara as dinamo dengan rumanya.

Apabila bantalan ini sudah aus, maka besi as akan bersentuhan langsung. Akibatnya terjadi gesekan yang membebani kinerja dinamo itu sendiri. Jika hal ini dibiarkan, maka tak menutup kemungkinan dinamo gagal berputar. Kemungkinan terburuk dinamo bisa saja terbakar.

Solusinya tentu dengan mengganti bantalan tersebut. Namun sayang sekali, sepanjang informasi yang kamihimpun, barang ini tidak ada dipasaran alias tidak dijual secara terpisah dengan dinamonya. Dengan kata lain, harus beli dinamo baru. Sudah barang tentu harganya tidak enteng.

Namun bukan berarti tidak ada solusi untuk keluar dari masalah tersebut. Solusinyahadir dari papan PCB bekas dan lem super. Bagaimana caranya? Simak saja langkah pengerjaan di bawah ini.

 

 

 

Sumber Majalah JIP

Last modified on Sunday, 14 June 2015 00:05
Bawah Page