OT Car Accessories - шаблон joomla Авто

Foto/

MAP/

Tips Menambah Per Mobil Off-Road

BANDA ACEH – Agar mengenderai mobil off-road di lintasan yang ekstrem nyaman, tentunya pemilihan per mobil sangat menentukan kenyamanannya. Setelah melakukan modifikasi, pemiihan jenis per juga sangat menentukan kenyamanan.

Tak berhanti di situ saja, ketika hasrat untuk melakukan off-raod juga semakin meningkat, tentu spesifikasi pun perlu ditingkatkan. Sekedar usaha untuk menggunakan diameter roda lebih besar tak lagi mencukupi.

Kini perlu melakukan modifikasi untuk untuk meningkatkan travel suspensi dan bisa memasang diameter roda lebih besar lagi. Supaya ground clearance bertambah tinggi, sehingga mobil off-raod tidak mudah nyangkut di trek ekstrem.

Ada beberapa cara melakukan untuk meningkatkan kemampuan suspensi di medan off-road. Baik cara penggunaan per daun maupun per keong. Silakan simak uraian di bawah ini :

 

Per Daun

Penggunaan per daun bisa melakukan trik dengan memasang anting per yang lebih panjang, dilanjutkan  dengan menambah kurva lengkungan per. Namun perlu diingat penggantian anting per perlu memperhatikan batas maksimumnya. Supaya kenyamanan dan kestabilan mobil off-road tetap didapatkan.

Untuk menambah kurva lengkung per sebaiknya dilakukan dengan cara mengeroll ulang per aslin atau mengganti dengan per lain yang lebih panjang batangnya kemudian diroll. Hal ini bisa menambah ketinggian beberapa milimeter lagi. Atau bisa juga mengganti dengan per model parabolic. Biasanya per parabolic ini kebanyakan diperuntukkan untuk Land Rover atau Toyota Land Cruiser.

Ingin lebih ekstrem lagi? Bisa melakukan SPOA atau spiring over exle yang memindahkan dudukan per daun dari bawah gardan menjadi di atas gardan. Tetapi jika menggunakan cara SPOA ini, lengkungan per sebaiknya tak terlalu besar, mengingat berubahnya posisi per ini sudah cukup signifikan menambah ketinggian tunggangan.

Namun sebaiknya langkah ini dilakukan paling akhir karena tidak gampang menemukan sudut-sudut pemasangan yang tepat. Karena kalau salah pasang bukan hanya kenyamanan yang dikorbankan tetapi juga keamanan. Menurut pengalaman banyak jip over axle yang dikerjakan asal-asalansaat di trek off-road pasti mudah klontag (terbalik).

 

Per Keong

Per keong juga bisa dilakukan berbagai cara untuk meningkatkan performa off-roadnya. Beberapa SUV bisa mengaplikasikan spacer antara per dan mangkuk per agar ketinggiannya bertambah. Mulai dari 2 hingga 4 cm. Caranya dengan membubut spacer yang bisa terbuat dari logam tersebut sesuai dengan besaran ulir per dan mangkuk pernya.

Namun, agar hasil lebih optimal lagi, bisa mengganti dengan per lebih panjang agar tak perlu menggunakan spacer. Bisa dengan produk aftermarket, maupun customized dengan mempertmbangkan spiring rate dan besaranulirnya. Kenapaperlu mempertimbangkan spiring rate? Tujuannya agar beban yang diterima per sesuai dengan mobilnya.

Cara mudah mengaplikasi spiring ini dengan mencari per yang diperkirakan sesuai dengan bobot kenderaan. Semisal pada Suzuki Vitara ingin menggunakan per lebih panjang, bisa menggunakan per dari Mercy lawas yang bobotnya tak begitu jauh, seperti Mercy Mini (W115). Meski jika ingin menghitung spiring rate sendiri harus diukur berapa besar tekanannya menggunakan press meter.

 

Jika ingin mengganti dengan per keongaftermarket. Seperti H&R atau Eibach, biasanya akan tertera berapa besar spiring rate pada pernya. Besaran kilogram yang ada bisa dilihatpada sisi per  keongnya. Semakin besar angkanya maka per akan semakin keras. Otomatis bantingan suspensi pin makin keras.

Sumber : Majalah JIP

Bawah Page