OT Car Accessories - шаблон joomla Авто

Foto/

MAP/

Tips Memilih Ban Mobil Offroad

BANDA ACEH – Penggunaan ban mobil offroad yang tepat akan memuluskan misi offroader menundukkan seberapa ekstrem pun lintasannya. Karena ban merupakan faktor penting dari segala perlengkapan lainnya, karena berhubungan langsung dengan jalur.

Baik itu seperti jalan berbatu, berlumpur, berpasir dan lain sebagainya. Tentunya membutuhkan penggunaan ban mobil yang tepat.

Offroad termasuk olahraga ekstrem, karena banyak rintangan yang akan dihadapi. Termasuk medan dilintasi tingkat kesulitannya cukup tinggi untuk diterjang. Tentunya dalam melintasi dan melewati rintangan-rintangan pada lintasan offroad harus memiliki ban mobil offroad yang khusus.

Mobil offroad ini umumnya memiliki penggerak 4 roda [4WD] meskipun tidak selalu mobil offroad berpenggerak 4 roda saja. Pada dasarnya sebagian besar mobil bisa dimodifikasi menjadi mobil offroad baik itu jenis SUV, MPV, Minibus, atau yang lain.

Pemilihan ban mobil untuk offroad sangatlah penting untuk diperhatikan, selain beberapa perlengkapan offroad di lapangan yang juga harus dipersiapkan. Terutama ban mobil, karena ini faktor utama yang menentukan pada saat melakukan offroad.

Pada saat memilih ban yang akan digunakan untuk offroad kebanyakan orang hanya memandang dari ukuran besarnya saja. Padahal jenis mesin mobil juga perlu diperhatikan ketika memilih ban.

Ban yang berukuran terlalu besar dengan jenis mesin yang berkapasitas kecil dapat mengakibatkan kerusakan pada mesin. Mobil pun tidak bisa untuk melaju dengan kencang bahkan tidak dapat melaju sama sekali.

Pemilihan ban mobil untuk offroad haruslah benar-benar tepat dan sesuai dengan medan yang akan dilalui. Beberapa merk ternama dan terkenal untuk ban offroad diantaranya Extreme Tracker atau Simex Jungle tracker, Super Swamper, Mickey Thompson, Silverstone, Bridgestone, Good Year Extra Grip, dan Jeep Service.

Semua merk ban ini mempunyai kualitas yang bagus dan rekomendasi untuk dijadikan pilihan ban mobil offroad. Terutama bagi pecinta olahraga ekstrem ini dilalui di Aceh yang memiliki kontur tanah licin dan berbukit-bukit.

Selain dilihat dari merk ketika memilih ban mobil untuk off-road, Anda juga harus memperhatikan corak, konstruksi dan ukuran dari ban. Sebenarnya hanya ada dua macam ban yang cocok untuk digunakan untuk offroad yaitu tipe radial atau cross ply dan tipe bias ply.

Perbedaan dari kedua tipe ban tersebut di atas adalah pada serat kawat baja yang dipasang dalam ban. Tipe cross ply mempunyai serat kawat baja yang dipasang sembilan puluh derajat dari sudut kiri ban ke sudut kanan ban.

Sedangkan tipe bias ply mempunyai serat kawat baja yang dipasang secara diagonal melintang pada roda. Untuk offroad disarankan memilih ban dengan tipe bias ply.

Alasan pemilihan ban mobil untuk offroad adalah tipe bias ply karena tipe ban ini tidak mudah mengalami kebocoran. Ban tipe bias ply mempunyai dinding yang lebih kuat atau slide well. Sehingga ban tidak mudah robek ataupun tertusuk.

Sedangkan tipe radial atau cross ply cocok untuk ban offroad ketika Anda melakukan offroad di daerah berpasir dan licin, karena ban tipe radial mempunyai cengkeraman yang bagus sehingga mobil tidak mudah slip.

 

 

sumber : http://extremeina.com/?p=9558

Last modified on Friday, 15 May 2015 10:00
Bawah Page